Kamis, 24 September 2009

Intel Kembangkan Kabel Optik

0 comments
Intel tidak hanya sibuk berkutat di chip. Penguasa chip ini sedang mengembangkan teknologi kabel optik kecepatan-tinggi yang dirancang untuk mengantarkan video HD, audio, dan lalu lintas data dalam satu kabel.
Diberi nama kode Light Peak, kabel serat optic ini diperkirakan akan hadir tahun depan. Light Peak disebutkan akan mampu saling menghubungkan perangkat-perangkat elektronik utama seperti laptop, displai HD, TV, kamera, pemutar video, iPod, docking station dan SSD (solid state drive) pada kecepatan mencapai 10Gbit/s. Demo teknologi ini pada Intel Developer Forum (IDF) di San Francisco dilakukan oleh Dadi Perlmutter (Executive Vice President, Intel Architecture Group). Ia berharap Light Peak dapat membantu mengakhiri kesemrawutan kabel yang dibawa-bawanya untuk menghubungkan laptop-nya dengan berbagai perangkat, mulai dari monitor eksternal, speaker, media player, perangkat storage dan lain-lain.
Menurut Perlmutter, Light Peak berpotensi mengantarkan kecepatan sampai 100Gbs pada decade mendatang. Light Peak juga mampu menjalankan beberapa protokol sekaligus di satu kabel, sehingga bisa menghubungkan perangkat seperti perifereal, workstation, monitor, disk drive, docking station, dan banyak lagi.
Detail tentang Light Peak belum sepenuhnya jelas, tetapi Intel menyebutkan sedang bekerja dengan pihak industri tentang standar I/O yang ada sekarang dan cara-cara mempercepat adopsinya.


Posting Komentar